Selasa, 4 Oktober 2011

Kue Mangkuk.

Kue Mangkuk sebutan nama kue khas orang Indonesia,aku ingat semasa kecilku dulu aku selalu dibawa ke majelis orang kawin/orang jawa bilang kondangan ataupun majelis -majelis lain seperti sunatan atau syukuran yang lain kue ini mesti ada.Aku sangat menyukai kue ini disamping rasanya sangat lembut dan manis,maklumlah anak-anak suka menyukai makanan yang manis ibuku dan nenekku bilang ini namanya kue apem tapi ada yang menyebutnya kue mangkuk,tak kisah apa sebutannya yang penting rasa kuenya enak lho.Ibuku dulu selalu membuatnya hingga saat ini aku kadang-kadang sahaja membuatnya.

Nah Resepi Kue Mangkuk
Bahan-bahannya
300 gram tepung beras
350 gram gula pasir
250 gram tape ubi
60 gram tepung gandum
2 sdt baking powder
600 ml air hangat
Pewarna merah

Cara memasaknya
1.Campur tepung beras dan tape ubi hinnga rata,lalu masukan 200 ml air hangat dan uli hingga rata dan lembut lalu biarkan selama 30 menit.
2.Masukan gula sedikit demi sedikit hingga habis dan tercampur rata,
3.Masukan tepung gandum dan Baking Powder kacau rata.
4.Terakhir masukan sisa air dan diamhakan selama 30 menit,beri warna saya suka warna merah.
5.Masukan adunan dalam mangkuk kecil dan kukus selama 15-20 menit /hingga kue merekah.

Tiada ulasan:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...